5 Inkubator Startup Di Indonesia


Di tengah maraknya pertumbuhan Startup di Indonesia, tidak terlepas dari peran penting program inkubator, dari tahun ke tahun banyak nama bermunculan dari lulusan program inkubator, sehingga membuat program inkubasi menjadi incaran para pengusaha startup baru, karena selain diberikan berbagai macam ilmu dan pendidikan, program inkubasi juga memberikan kemudahan untuk permodalan, mulai dari "uang pembinaan" atau dana untuk seed fund yang diberikan secara cuma-cuma untuk startup yang terpilih namun juga membuka pintu masuk untuk bekerjasama dengan para investor, berikut beberapa inkubator yang ada di Indonesia.



Next Dev 
Pada tahun 2015 yang lalu, Telkomsel  menggelar Digital Creative Indonesia Competition 2015 dengan tema The #Next Dev, creative + productive Smart city atau kota pintar adalah sebuah konsep penataan kota yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup orang-orang yang tinggal di kota, dengan cara mengintegrasikan teknologi dalam segala aspek termasuk pemerintahan, penduduk, kesehatan, pendidikan, dan transportasi.

Kota pintar yang sukses adalah yang dapat meningkatkan performa dan kesejahteraan, mengurangi biaya hidup dan konsumsi sumber daya, serta mendorong keterlibatan warga masyarakat secara lebih efektif dan efisien. Dan Tahun 2016 ini, Kabarnya Telkomsel  akan menggelar kembali Digital Creative Indonesia Competition 2016, namun belum ada informasi pasti kapan akan digelar dan mengusung tema apa untuk tahun ini.


Indigo Creative Nation 
Sejak bulan April 2016 tadi, Program inkubator dan akselerator Indigo Creative Nation resmi dibuka untuk batch I. Memang sejak awal hingga kini Telkom bekerja sama dengan Metra Digital Investama (MDI) konsisten untuk menjaring startup-startup lokal yang berpotensi dan memiliki inovasi.

Pada Tahun 2016 ini Indigo Creative Nation mengusung tema “Building Strong Indonesia Digitalpreneuer with Disruptive Mindset”, program kali ini memberi kesempatan bagi startup untuk merealisasikan karya kreatifnya. Baik yang masih dalam bentuk ide, produk yang sudah memiliki pengguna, bisnis yang sudah mendatangkan pendapatan, serta bisnis yang membutuhkan akselerasi dan pendanaan lebih lanjut, buat yang masih belum dapat kesempatan silakan tunggu pendaftaran bacth II tahun ini.


Ciputra GEPI Incubator (CGI)
Sejak Januari  tahun 2011 yang lalu, Global Entrepreneurship Program Indonesia didirikan oleh 13 pemimpin bisnis terkemuka di Indonesia. Dan GEPI juga menjadi salah satu bagian penting dari inisiatif global yaitu Global Entrepreneurship Program (GEP), yang dimulai oleh Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dan mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton.

Salah satu dari program GEPI adalah Ciputra GEPI Incubator (CGI), melalui program CGI inilah sebagai wadah pelatihan yang mengembangkan startup tahap awal, dilengkapi dengan Ciputra GEPI Incubator Space, event-event komunitas, dan manfaat inkubasi seperti mentoring dan akses pendanaan.



IKITAS
Inkubator Kreasi dan Inovasi Telematika Semarang (IKITAS) mendirikan Inkubator Bisnis Center (IBC), melalaui program IBC ini lah sebagai inkubator bisnis untuk pembinaan dan pengembangan usaha kreatif bidang ICT yang bertujuan membantu wirausahawan tumbuh berkembang menjadi wirausahawan yang tangguh, mandiri dan mampu bersaing secara global.

Pada 2016 ini program inkubator bisnis untuk startup digital diikuti oleh enam startup yang akan berkantor di IBC (Inwall). Diantaranya Moonshark, Flat Studio, Inlander, Playon, Banuarti Solo, Smartech. Sedangkang yang diluar yaitu, PT Inovasi Cipta Teknologi – Smartpayment dan Katalis Media. Selain itu pada 2016 ini, IBC juga melakukan pendampingan program pasca inkubasi kepada lima startup digital yaitu, Ark Animasi, Flip Studio, Moccacomic, Gobaksodor Studio dari Temanggung dan Dtech Engineering dari Salatiga.


Merah Putih Inc 
PT Merah Cipta Media yang selama ini aktif mendorong tumbuhnya startup di Indonesia, mengembangan perusahaan investasi terbarunya, Merah Putih Incubator. Perusahaan investasi ini akan fokus menjadi inkubator bisnis digital di Indonesia yang siap membantu para startup lokal mengembangkan bisnisnya.

Terbentuknya Merah Putih Inc diluncurkan 27 Januari 2011 yang lalu di Hard Rock Cafe, eX Plaza, Jakarta. Sesuai namanya, Merah Putih Incubator akan berperan layaknya inkubator, yakni mendukung dan menjaga lingkungan bisnis digital hingga tercipta kemantapan dalam bisnis ini. Dukungan ditujukan kepada startup bisnis digital yang berpotensi. Melalui Merah Putih Inc telah menginkubasi enam startup lokal yang sekarang mempunyai nama besar. Keenamnya meliputi Daily Social, Lintas Berita, Info Kost, Bolabob, Adsonit, dan KrazyMarket.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Inkubator Startup Di Indonesia"

Post a Comment