7 Tipikal Orang Yang Harus Ada Dalam Tim

Ketika kita berbicara tentang startup, maka akan ada dua tipe, pertama adalah startup yang bisa bergerak dengan cepat dan kedua adalah startup yang beroperasi dengan mengandalkan sumber daya yang ada.

Namun di balik dua tipe yang berbeda ini masing-masing memiliki kesamaan, yaitu memerlukan sebuah komposisi tim yang tepat, dengan berbagai macam karakter orang di dalamnya, pentingnya menempatkan orang yang tepat pada posisi yang sesuai dapat memberikan efek yang positif bagi sebuah startup, dalam sebuah tim setidaknya ada 7 karakter atau tipe personaliti yang akan bekerjasama, saling mendukung dan melengkapi agar bisnis bisa berjalan dengan baik.

1. Visioner


Mampu melihat jauh kedepan adalah ciri seorang visioner, mampu membangkitkan semangat dan memberikan inspirasi bagi setiap anggota tim, sang visioner biasanya bisa memduduki peran seorang pemimpin yang kharismatik dalam sebuah organisasi, bisa membaca situasi dan keadaan, menganalisa permasalahan, memberikan solusi untuk memperbaiki keadaan dan mengawasi perkembangan bisnis dari waktu ke waktu.

2. Eksekutor


Seorang eksekutor atau pelaksana mengambil peran dalam sebuah tim atau perusahaan dan membantu membuat berbagai macam ide menjadi kenyataan, baik dengan cara mengatur proses dan menetapkan tugas, atau mengambil alih kegiatan tertentu seperti peran seorang visioner, bisa jadi ada berbagai jenis eksekutor, tapi secara keseluruhan, mereka sama-sama memiliki tugas untuk membuat sebuah konsep dari tahap ide menjadi produk yang riil.

3. Kreator


orang-orang kreatif memiliki ide besar, lebih dominan untuk berperan sebagai konseptor atau mungkin dalam pengertian lebih khusus, mereka memiliki kemampuan untuk membuat hubungan antara orang yang sepertinya tidak saling berkaitan, antara konsep, sumber daya, sumber dana dan tools. Tim kreatif akan membantu bisnis berkembang dengan berbagai cara, salah satu kemampuan mereka adalah bisa memaksa orang lain melalui narasi tentang bisnis kecil yang berhubungan dengan kehidupan calon konsumen dengan cara yang elegant.

Narasi ini bisa berbagai macam bentuk dan disebarluaskan dengan bermacam cara, tim kreatif  dapat diandalkan untuk membangun koneksi yang tidak pernah ada sebelumnya.

4. Pendengar


Seorang pendengar yang baik sangat diperlukan dalam sebuah tim,  memiliki personel dengan kemampuan untuk mendengar secara objektif, apa yang orang lain katakan tanpa menghubungkannya dengan diri mereka sendiri atau orang lain. Menerima kritik, saran, masukan bahkan keluhan sangat berarti bagi pengembangan produk dan bisnis, untuk menampung itu semua seorang pendengar wajib diperlukan dalam sebuah tim.


5. Komunikator


Komunikasi yang efektif memerlukan keahlian tipikal pendengar dan pelaksana yang baik. Di tempat kerja, seorang komunikator harus bisa menyerap segala bentuk aspirasi dan kemudian mengambil tindakan yang sesuai. Dengan memiliki kemampuan untuk memahami dan menyerap aspirasi serta bisa memilih waktu yang tepat, seorang komunikator dapat membantu dalam menentukan langkah-langkah strategis bagi bisnis.


6. Mediator


Mediator adalah perpaduan dari dua tipikal kepribadian, antara Pendengar dan Komunikator, namun yang membuatnya berbeda dari dua jenis lainnya adalah kemampuan orang yang mempunyai tipikal Mediator bisa mendengarkan secara obyektif bagi kedua belah pihak dan bisa menawarkan solusi baru untuk masalah yang sedang dihadapi.

Di sisi lain, salah satu hal yang menonjol dari cara berkomunikasi seorang  mediator kepada anggota tim adalah mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk mendengarkan daripada sharing.

7. Rekruter


Rekruter adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk membuat orang lain ikut bergabung dengan tim dalam bisnis, entah itu pekerja outsourcing atau pekerja paruh waktu atau anggota yang bisa bekerja secara full time.

Tipikal orang rekruter adalah perpaduan dari tipe Visioner, Kreator dan Eksekutor, tipikal orang dengan jenis ini adalah orang yang mampu menerjemahkan informasi dari berbagai bagian organisasi dan memanfaatkannya untuk menjadi sebuah terobosan terhadap proyek yang mereka kerjakan.

Dari berbagai macam tipe personaliti di atas, bisa jadi sebagai acuan anda untuk merekrut orang lain dan membentuk sebuah tim, dan mungkin pula sebagai bahan pertimbangan jika anda ingin membuat sebuah evaluasi terhadap tim yang ada sekarang.

Dan sebagai catatan, bahwa 7 personaliti ini bukan berarti 7 orang, karena satu orang bisa mewakili beberapa tipikal yang dominan, namun yang perlu kita tekankan adalah jika dalam sebuah tim ada beberapa orang mempunyai tipikal yang sama, maka akan sulit untuk bisa berkembang dengan cepat, contohnya saja, ketika anda berada dalam sebuah tim yang beranggotakan 5 orang, memiliki 2 orang yang punya tipikal visioner , sedangkan 3 orang lagi sama-sama tipikal kreator/konseptor, jelas akan sulit mengeksekusi berbagai macam ide.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tipikal Orang Yang Harus Ada Dalam Tim"

Post a Comment