Tentang Social Lab, Startup Senior Balikpapan

Social Lab (Soclab) adalah wadah pengembangan, riset dan rekayasa social & online reputation yang berada di bawah unit usaha Social Commerce Department CV Discover Borneo (DB), perusahaan komunikasi dan publisher yang berkedudukan di Balikpapan, Kalimantan Timur. Soclab digerakkan oleh seorang Digital Director, Hilman Fajrian, yang berpengalaman panjang di bidang jurnalistik, social marketing, public relation, advertising, branding, promotion, website & software programming, mobile app development, trainning dan public speaking. Soclab turut diawaki oleh para content manager, event manager, copy editor, administrator, graphic designer dan field reporter.

DB adalah perusahaan pertama dan satu-satunya di Pulau Kalimantan yang bergerak secara profesional dalam bidang social commerce, dan Soclab turut menjadi yang pertama dan satu-satunya kegiatan usaha yang fokus pada pengembangan dan riset social commerce. DB adalah pengembang social media Twitter informasi perkotaan @KotaBalikpapan yang dalam dua tahun menjadi yang terpopuler, terbesar dan memiliki follower terbanyak di Pulau Kalimantan dan Indonesia Tengah (segera di Indonesia Timur!).

Akun @KotaBalikpapan sejauh ini telah menjadi kepercayaan brand multi-nasional, nasional dan lokal sebagai endorser dan buzzer promosi sampai social event, antara lain Silk Air, Telkom, Telkomsel, Astra Honda Motor, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Texas Chicken, Blitz Megaplez, Pemprov DKI Jakarta, Komisi Pemilihan Umum, Wigo, Opera Mini, dll.

Salah satu pencapaian yang membanggakan Soclab adalah social reputation management social media Twitter @HondaBalikpapan yang dalam waktu 1 tahun menjadi social media HSO Astra Honda Motor (AHM) paling populer dan terbesar di Indonesia. Dalam waktu 1 tahun, Soclab berhasil meningkatkan follower @HondaBalikpapan dari 1.000 menjadi 19.000 orang dengan rata-rata impression 3 juta per hari. Pada tahun 2014 @HondaBalikpapan dinobatkan sebagai Juara 1 Social Media HSO AHM terbaik se-Indonesia.

Sepanjang 2013 dan 2014 Soclab juga menjadi rekanan resmi PT Telkom Kaltim-Sel dalam membina pelaku usaha korporat serta UKM dalam memaksimalkan kegiatan social commerce mereka, melalui pelatihan yang dilakukan setiap 2 minggu sekali. Berkat Telkom dan Soclab , kegiatan social commerce korporasi dan UKM di Balikpapan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia dan ikut mempertahankan Balikpapan sebagai Smart City.
Kami sungguh-sungguh memahami bahwa social media yang terpenting bukan lah tentang teknologi, melainkan cara fundamental terkini dalam berkomunikasi. Social media telah mengubah cara komunikasi antara orang-per orang, brand-kepada-konsumen maupun brand -kepada-brand, dari sebelumnya satu arah, menjadi banyak arah. Cara berkomunikasi telah berubah dari gaya formal menjadi gaya pergaulan (social). Konsumen tidak lagi percaya pada iklan konvensional, melainkan pada rekomendasi orang-orang terdekat dan lingkarannya, termasuk lingkaran social media. Konsumen dengan bebas dan aktif merekomendasikan anda, atau sebaliknya, menjatuhkan kredibilitas brand anda.
Dibarengi dan lahirnya puluhan social media dan online platform, membuat pilihan yang tepat platform mana brand kita akan terjun menjadi tantangan tersendiri.
Soclab berkegiatan secara business standard dan legal. Kami memastikan akvitas manajemen social reputation setiap pihak yang kami tangani sampai pada capaian maksimal dan target awal yang ditentukan, serta dapat diukur secara ilmiah dan terbuka — segala sesuatu yang bukan merupakan wilayah media konvensional.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tentang Social Lab, Startup Senior Balikpapan"

Post a Comment