Juragan Banjar, Startup Direktori Bisnis Pertama Di Kalsel


Apa itu Direktori Bisnis?

Direktori Bisnis Online merupakan kumpulan data perusahaan atau bisnis yang bisa akses melalui website. website direktori disebut juga website listing atau website kamus perusahan. Pada website direktori bisnis, terdapat berbagai macam data perusahaan secara umum, seperti informasi perusahaan, nomer kontak, produk yang dijual dan informasi lainnya. Direktori bisnis dibuat bertujuan untuk memudahkan pencarian perusahaan atau bisnis berdasarkan kategori bisnis dan lokasinya.

Jika dulu banyak orang menggunakan yellow page yang ada di buku telpon, sekarang seiring perkembangan teknologi dan tingginya angka penggunaan internet, maka yellow page yang berupa lembaran kertas perlahan beralih menjadi website, karena efesiensi dan kemudahannya.

Di negara-negara maju sangat mudah menemukan berbagai website direktori bisnis, dan Indonesia sendiri beberapa startup membangun website direktori bisnis, namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Sebagai contoh, direktori bisnis yang populer di kalangan masyarakat seperti yellowpages.co.id, Indonetwork.co.id, IndoTrading.com, BisnisUkm.com, dan zoom-indonesia.com. Website direktori bisnis masuk kategori Startup Clasified Ads atau iklan baris, karena konten yang dimuat hanya berupa informasi dan tidak memfasilitasi kegiatan transaksi secara online.

Juragan Banjar, Startup Direktori Bisnis Pertama Di Kalsel

Saat ini direktori bisnis menjadi penting bagi masyarakat ataupun pemilik usaha, untuk menjawab permasalahan tersebut maka 13 Juli 2016 yang lalu JuraganBanjar dirilis sebagai sebuah direktori bisnis khusus untuk wilayah Kalimantan Selatan. Adanya JuraganBanjar diharapkan bisa membantu para pengusaha agar bisnis mereka lebih mudah ditemukan, di sisi lain juga memudahkan masyarakat untuk mencari dan menemukan berbagai macam kebutuhannya.

Dalam sebuah wawancara via WhatsApp, Founder JuraganBanjar Wahyu Ridhoni yang saat ini juga berprofesi sebagai dosen dan mentor program Technopreneur Politeknik Hasnur Banjarmasin ini mengungkapkan "Saat ini banyak orang banjar memiliki toko online. Baik di marketplace seperti bukalapak dan tokopedia, maupun di sosial media atau bangun website sendiri. Keberadaan yg tersebar memerlukan penghubung berupa direktori yang berisi info umum dan link yang menuju halaman masing-masing. Diharapkan akan lahir sinergi bisnis dari mengumpulkan para juragan banjar".

"Mengapa kalsel perlu direktori? Karena pasar lokal belum terfasilitasi. Kita memang sudah punya jalur pemasaran serupa tp umumnya untuk satu indonesia. Kalsel perlu jalur pemasaran yg spesifik agar lebih tertarget. Orang banjar dapat membeli dengan  mencari di website juraganbanjar.com terlebih dahulu. Jika tidak ada baru nyari ke web di luar kalsel. Sering kita temui. Pembeli order jauh2 ke luar kalsel ternyata produk tersebut ada di kalsel dgn harga lebih murah" ujarnya.

JuraganBanjar memiliki tampilan yang sengaja dirancang sederhana agar siapapun bahkan pengguna internet pemula dapat dengan mudah menggunakannya. Untuk menambahkan bisnis anda cukup dengan membuka www.juraganbanjar.com , klik "tambahkan bisnis", isi dan simpan. Bisnis anda langsung terindeks. Tidak perlu melakukan pendaftaran akun, verifikasi, dan login. Fitur pencarian pun cukup memilih kategori dan Kabupaten/Kota, Saat ini di JuraganBanjar sudah terdaftar ratusan bisnis.

Selain menawarkan kemudahan dalam mendaftarkan bisnis, JuraganBanjar nantinya juga akan menambahkan ulasan-ulasan bisnis yang terdaftar di website mereka, tentunya hal ini akan lebih memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Juragan Banjar, Startup Direktori Bisnis Pertama Di Kalsel"

  1. wow keren, tapi ada yg lebih lama sejak 2014 yaitu infokalsel.com untuk urusan direktori

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas kunjungan, komentar dan masukkannya Gan :)

      kalau infokalsel.com sepertinya (menurut opini pribadi) bukan deriktori bisnis semata, tapi lebih kepada "Startup portal berita" jika mereka menempatkan tenant untuk mempromosikan bisnis mereka, itu cuma bagian dari strategi bisnisnya (monetizing), seperti tribunnews, detik, viva dan portal berita lainnya...

      Dan platform yang dipakai pun sepertinya masih blogger, bukan platform buatan sendiri...

      Banyak yang berpendapat kalau nulis blog (seperti startupborneo ini) dan kemudian bisa dapat duit itu masuk kategori startup, tapi itu cuma bisnis online, kalau menurut (lagi2 opini pribadi) startup itu bukan nulis di blog, tapi lebih kepada sebuah inovasi, contohnya membuat sebuah platform seperti punya blogger, wordpress, joomla, dll...

      Delete
  2. Terima kasih atas penjelasannya, bagi yang berminat untuk membuka usaha dengan modal kecil di Kalsel namun berpotensi untung besar bisa mencoba usaha peralatan listrik. Usaha ini sangat mudah dijalankan bagi siapa saja, dijamin Anda akan menjadi pengusaha sukses jika menjalankan bisnis ini. Jika berminat silakan kunjungi : http://www.listrikmart.com/page/paket-usaha.html

    ReplyDelete