5 Cara Mencari Ide Dan Inspirasi Untuk Startup

5 Cara Mencari Ide Dan Inspirasi Untuk Startup

Jika kamu tertarik untuk membuat sebuah startup, hal pertama yang kamu butuhkan adalah sebuah ide, kalau sekarang belum punya ide, maka tulisan ini bisa membantu menemukan ide yang bisa kamu kembangkan nantinya.

Atau jika saat ini sudah punya ide, tidak salahnya untuk membacanya sebagai bahan pertimbangan atau ingin menambah fitur baru.

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana mencari ide untuk startup, ada baiknya kita simak kembali definisi startup, agar apa yang akan kita bahas nanti tidak keluar dari maksud dan tujuannya.

Definisi pertama : Startup adalah perusahaan yang baru dibuat, sebagai inovasi dalam proses pembangunan, validasi dan penelitian untuk target pasar. Istilah startup menjadi populer secara internasional diawali dengan domain dot-com ketika sejumlah besar perusahaan berbasis online dengan website berdomain dot-com didirikan. 

Karena latar belakang ini, banyak yang menganggap startup merupakan perusahaan teknologi, tetapi hal ini tidak sepenuhnya benar karena esensi startups lebih berkaitan dengan ambisi tinggi, inovasi, skalabilitas, dan pertumbuhan.

Definisi kedua : Startup adalah perusahaan baru yang biasanya bergerak di bidang teknologi informasi dan menggunakan media internet sebagai platform nya. 

Perusahaan ini menghasilkan produk-produk digital (seperti aplikasi web atau layanan melalui website) dan biasanya isu produknya berhubungan dengan permasalahan sehari-hari. 

Jenis bisnisnya bisa beragam, misalnya seperti pengembang aplikasi, sistem pembayaran, jasa, perdagangan dan lain sebagainya. 


Oke, sekarang kita akan bahas satu-satu cara agar kamu dapat inspirasi untuk menemukan ide yang luar biasa, ide yang bisa merubah dunia menjadi sesuatu yang lebih baik, membuat masa depan yang lebih baik, dan membuat kehidupan menjadi lebih baik.

1. Mencari masalah di sekitar kehidupan kita

Ada ungkapan yang mengatakan "di mana ada masalah, di sana ada peluang," maka yang harus kita cari adalah apa masalah yang ada di sekitar kita. 

Cobalah berjalan-jalan dan memperhatikan lingkungan tempat kamu tinggal, tempat kerja, tempat belanja, jalanan yang kamu lewati, perhatikan aktivitas kamu dan orang disekeliling kamu, apa yang salah? apa yang susah? seperti apa seharusnya? 

Coba kita perhatikan prinsip berikut :

  • Lebih Baru
  • Lebih Cepat
  • Lebih Mudah
  • Lebih Aman
  • Lebih Murah
  • Lebih Menarik

Kemudian coba kamu fikirkan mencari solusinya agar bisa lebih cepat, seperti apa caranya agar lebih mudah, apa solusinya supaya bisa lebih murah,  bagaimana caranya agar lebih aman, sesuatu yang memiliki desain dan bentuk atau tampilan yang lebih menarik.

Jangan hanya terfokus kepada masalah-masalah besar, coba juga cari permasalahan yang kecil dan sederhana, karena dengan memecahkan masalah yang kecil dan sederhana bisa memberikan dampak yang sangat luar biasa.

2. Kunjungi situs yang menyediakan informasi dan listing startup

Jika cara pertama tidak berhasil, dan kamu belum juga dapat ide, maka yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah mengunjungi situs-situs yang memuat daftar startup di berbagai negara, seperti  :
(*Silakan langsung klik, Linknya sudah diarahkan ke listing Startup)

Dalam situs tersebut, biasanya ada fitur untuk menyortir daftar startup berdasarkan kategori atau negara, saran saya coba terlebih dahulu untuk membuka berdasarkan kategori dan pilih kategori yang sesuai dengan passion atau minat dan skill kamu.

Disana tinggal kamu lihat satu persatu kira-kira startup mana yang menarik dan cocok untuk diterapan di Indonesia, kemudian kamu cari lebih detil tentang mereka, dari segi model bisnisnya, berapa usernya, sudah berapa lama bisa berjalan, dan apakah mereka sudah mendapatkan pendanaan dan berapa jumlah pendanaan yang mereka terima.

Ada pula listing startup yang gagal, coba kamu cek Autopsy.io mungkin bisa menemukan ide disana, coba menganalisa apa kesalahannya, barangkali kamu bisa menemukan cara yang lebih baik dengan ide yang sama.

3. Cari lewat Google dan Search Engine lainnya

Cara yang paling mainstrem untuk mencari sesuatu ya lewat Google, termasuk mencari ide untuk startup coba dengan kata kunci "Startup Ideas", "Starup Inspiration" atau "Ide Startup".

Di Google kita akan diberikan banyak sekali artikel yang mengulas ide-ide dasar untuk startup, tinggal kita sesuaikan dengan kondisi permasalahan yang ada disekitar kita.

Cara ini bisa digunakan apabila cara nomer satu dan dua masih belum berhasil, ini jadi pilihan terakhir karena cara ini adalah yang paling susah menurut saya pribadi, ibarat mencari jarum dalam jerami. semua menjadi terlihat samar .

4. Situs portal berita tentang startup

Cara yang keempat jika masih belum dapat ide juga, coba kamu kunjungi situs portal berita yang biasa memuat berita terbaru dan artikel tentang startup, untuk yang berbahasa Indonesia ada beberapa yang sudah sangat top di kalangan Startup Enthusiast, seperti Tech In Asia Indonesia dan untuk yang berbahasa Inggris Techinasia.com atau kunjungi Dailysocial.id, selain dua yang top situs diatas tadi, masih ada beberapa situs lagi yang bisa kita jadikan sumber inspirasi dan informasi.

Selain situs-situs yang berbahasa Indonesia diatas ada beberapa situs lagi yang biasanya membahas tentang startup, namun sepertinya terlalu banyak kalau harus di tulis satu per satu, karena masih ada lagi situs yang berbahasa Inggris yang recommended buat kamu kunjungi, seperti :

5. Bergabung dalam Group/Komunitas dan mengikuti event startup

Ide itu bisa datang kapan saja dan dimana saja, namun ada beberapa orang yang susah menemukan A-Ha Moment nya karena berusaha sendiri, cobalah kamu ikut bergabung dengan group atau komunitas startup di wilayah kamu.

Atau kamu bisa ikut lewat group di sosial media, seperti Facebook, ikut di group Instan Mesanging seperti di group WA dan Telegram, kamu bisa ikut acara meetup, ikut berdiskusi atau sekedar menyimak disana, dan terkadang dari diskusi tersebut banyak ide-ide baru bermunculan, dan jika beruntung kita bisa bertemu rekan baru.

Selain bisa berdiskusi, di dalam komunitas atau group biasanya kita juga akan mendapatkan berbagai macam informasi, mulai dari jadwal untuk program Incubator dan Accelerator, hingga berbagai macam event terkait startup, seperti seminar, workshop, dan lain sebagainya, dengan ikut event tersebut, kamu akan mendapatkan banyak informasi dan inspirasi tentang startup.

Demikian tulisan singkat tentang 5 Cara Mencari Ide Dan Inspirasi Untuk Startup, sebagai penutup saya sarankan untuk mencari ide atau kategori yang memang menjadi passion kamu, karena pengaruhnya nanti terhadap perkembangan startup yang akan kamu bangun akan mempunyai dampak yang cukup signifikan, karena menurut beberapa kasus, salah satu penyebab kegagalan startup adalah founder nya tidak cukup passion di bidang itu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mencari Ide Dan Inspirasi Untuk Startup"

Post a Comment